Mengetahui Dasar Jenis Keramik, Kelebihan dan Kekurangannya

Mengetahui Dasar Jenis Keramik, Kelebihan dan Kekurangannya – Mungkin anda semua pernah mencoba ke tempat penjualan keramik dan disana banyak sekali model keramik yang bervariasi, harganya pun sangat berbeda – beda, dan pastinya anda akan kebingungan memilih jenis keramik,? Dan kali ini kami akn membantu anda dengan memberikan sedikit pengetahuan mengenai keramik. Keramik lantai yaitu berbahan dasar tanah liat dan zat aditif lainnya yang di bentuk lalu di bakar pada temperatur yang sangat tinggi sehingga menghasilkan body yang keras dan getas, dan pastinya ada beberapa klasifikasi untuk membedakan jenis keramik, yaitu diantaranya;

 

Type Keramik Pada intinya hanya ada 2 jenis keramik yaitu:

1. Keramik yang memiliki lapisan glazur ( glazed )

Keramik dengan jenis ini yang paling banyak di pasaran karena jenis ini untuk di aplikasikan pada lantai maupun dinding, lapisan glazur di aplikasikan dengan temperatur tinggi sehingga nantinya bisa menyatu dengan badan keramik, lapisan inilah yang bisa membuat model dqan motif tekstur keramik, lapisan glazur membuat keramik akan tahan pada air, tahan api dan tentunya sangat mudah di bersihkan karena teksturnya sangat padat dan tidak memiliki pori, merk – merk keramik yang terkenal dari jenis keramik ini yaitu platinum, roman, mulia, kia, ikad dan lain sebagainya.

2. Keramik homogenious tanpa lapisan glazur ( unglazed )

Keramik dengan jenis ini pada saat ini semakin popular dengan banyak berbaqgai macam modelnya, pada keramik ini tak ada lapisan yang di aplikasikan, pencampuran bahan dasar utama dan model keramik dilakukan pada sejak awal sebelum pembentukan body. Dan akhirnya nanti ada kesatuan warna antara bagian permukaan dan  belakangnya, permukaan pada keramik mengkilat daengan cara di polish, keramik dengan jenis ini umumnya lebih tebal, keras dan lebih tinggi kekuatannya di bandingkan dengan glazed cramic, dan pastinya sangat pas untuk tempat – tempat tang traffiknya tinggi, merk – merknya yang terkenal yaitu, granito, ezzensa, niro, impero dan lain – lain.

Kerapatan Keramik Dan Penyerapan Air

Pada dasarnya dua faktor ini saling berhubungan baik dan erat, biasanya kerapatan keramik berbanding lurus dengan temperatur pembakaran dan semakin tinggi pembakarannya maka akan semakin kecil air yang dapat di serap oleh keramik, ini menentukan fungsi keramik dalam aplikasi desain.

Keramik yang menyerap air hingga lebih dari 3% – 7% Cuma untuk penggunaan di dalam ruangan saja dan tidak tahan dengan perubahan cuaca.Keramik yang menyerap air antara 0.5 – 3% bisa di terapkan pada bagian dalam maupun luar ruangan akan tetapi tidak tahan terhadap panasnya sinar matahari dan hujan secara langsung. Dan keramik yang menyerap air kurang dari 0.5% adalah jenis yang paling tahan terhadap terik matahari dan hujan secara langsung, sangat pas di terapkan pada bagian eksterior.

 

 

 

 

Dan mungkin hanya itu saja untuk pembahasan kali ini, terimakasih sudah meluangkan membaca ulasan kami tenta dasar jenis keramik, semoga bermanfaat.

keramik untuk pagar,gambar semua jenis keramik,macam keramik rumah
Mengetahui Dasar Jenis Keramik, Kelebihan dan Kekurangannya | Amelia Ann | 4.5